Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Mulai Melupakan Buku Bacaan, Orang Tua Sebaiknya Lakukan Ini

Kamis, 03 Agustus 2023 – 20:02 WIB
Anak Mulai Melupakan Buku Bacaan, Orang Tua Sebaiknya Lakukan Ini - JPNN.COM
Orang tua harus mendampingi anak-anak mereka untuk kenalkan literasi. Foto dok. Perpusnas RI

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Agus Sutoyo menyampaikan di era perkembangan teknologi saat ini, peranan buku makin dilupakan.

Padahal, keberadaannya sangat penting dalam tumbuh kembang generasi bangsa. 

"Anak-anak mulai melupakan bacaan yang menarik, karena asyik dengan gawainya. Padahal, kampanye literasi sudah dahulu digaungkan Perpusnas RI," kata Agus dalam talkshow The Leader dengan tema “Anak Indonesia Cerdas Literasi dan Bermedia Sosial”, Kamis (3/8).

Pada 2003, kampanye literasi sudah mulai melalui duta baca nasional saat itu, Tantowi Yahya. Dengan tagline “Ibuku Perpustakaan Pertamaku”. Artinya orang tua punya peran penting di rumah, sebelum sosialisasi keluar rumah. 

“Ibu atau ayah mendampingi anak mereka untuk kenalkan literasi. Penelitian membuktikan usia 0-5 tahun pada anak, perkembangannya dikontrol melalui buku bacaan,” ujar Agus. 

Saat ini, sambungnya, kampanye literasi masih terus berlangsung. Dengan duta baca nasional yang berganti-ganti. Perannya tetap sama, mengajak untuk dekat dengan buku. Namun di era kini, menggabungkan dengan teknologi. 

Di gedung baru Perpusnas, ujarnya ,sudah diterapkan teknologi. Bagaimana agar bisa memberikan kontribusi besar bagi masyarakat. 

""Kami ambil peran itu dengan menyiapkan wadah dan fasilitas. Di antaranya ada Layanan Khusus Anak. Kunjungan di Sabtu dan Minggu selalu overload, khususnya dari anak-anak," tuturnya.

Anak-anak  zaman sekarang mulai melupakan buku bacaan, ortu sebaiknya melakukan beberapa cara ini agar anak-anak suka membaca 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close