Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis Reza Indragiri soal Hasil Pemeriksaan Iptu Rudiana Menyentil Polri

Sabtu, 22 Juni 2024 – 07:13 WIB
Analisis Reza Indragiri soal Hasil Pemeriksaan Iptu Rudiana Menyentil Polri - JPNN.COM
Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel. Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri menyentil Polri yang telah melakukan pemeriksaan terhadap Iptu Rudiana, ayahnya Muhammad Rizky atau Eky, kekasih Vina yang tewas pada 2016 silam.

Pakar penyandang gelar MCrim dari University of Melbourne Australia itu lantas menyitir pernyataan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho pada Rabu (19/6) yang menyebut Iptu Rudiana telah diperiksa sebagai ayah korban.

"Pernyataan Kadiv Humas itu membingungkan. Mengapa, dalam pemeriksaan, Iptu Rudiana diposisikan selaku ayah korban?" kata Reza mempertanyakan.

Sebelumnya, Irjen Sandi menyebut Iptu Rudiana sudah diperiksa oleh Propam maupun Itwasum Polri. Hasilnya, ayah Eky itu dinyatakan tidak melakukan pelanggaran etik.

Menurut Reza, pelanggaran etik memang tidak akan ditemukan ketika dalam pemeriksaan, Iptu Rudiana diposisikan sebagai ayah korban Eky, bukan polisi.

"Jelas, tidak ada satu butir pun dalam Kode Etik Profesi Kepolisian yang Rudiana langgar, ketika empat jenis etika Polri dihadap-hadapkan ke Rudiana selaku orang tua korban," tutur Reza yang pernah mengajar di STIK.PTIK itu.

Reza menuturkan bahwa apa pun itu, karena pemeriksaan--mungkin sidang--etik diselenggarakan secara tertutup, maka tidak ada yang bisa masyarakat sanggah.

Mekanisme banding pun hanya disediakan bagi terduga pelanggar, yakni personel Polri sendiri. "Jadi, terpatahkan segala dugaan publik," ucapnya.

Analisis Reza Indragiri soal hasil pemeriksaan Propam dan Itwasum terhadap Iptu Rudiana, ayah Eky kekasih Vina Cirebon menyentil Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close