Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ancaman Pangan, Pemda Dituding jadi Biang

Selasa, 06 Desember 2011 – 17:30 WIB
Ancaman Pangan, Pemda Dituding jadi Biang - JPNN.COM
JAKARTA—Menteri Pertanian Suswono, menyalahkan pemerintah daerah yang dinilai tidak mendukung ketahanan pangan nasional. Masih banyaknya masalah batas wilayah tata ruang dan masih diberikannya izin penggunaan lahan, mengakibatkan lahan pertanian menjadi berkurang. Padahal saat ini dibutuhkan jumlah lahan pangan guna mengamankan stok pangan dalam negeri.

Sebenarnya kata Suswono, sudah ada Undang-Undang perlindungan lahan pertanian sesuai UU nomor 41 tahun 2009. Namun keberadaan UU ini dinilai mandul, karena masih banyak Pemda yang justru mengeluarkan Perda yang bertentangan dengan keberadaan UU tersebut.

‘’Pemdanya buat surat, DPRD menyetujui. Alasannya macam-macam, tapi banyak karena faktor tata ruang yang belum selesai. Jadi kita memang terhambat untuk perluasan lahan,’’ kata Suswono di Jakarta, Selasa (6/12).

Saat ini kata Suswono, pemerintah menargetkan dengan perluasan lahan pertanian, bisa menambah hasil. Seperti pencapaian target kedelai 2,2 juta ton pada akhir tahun 2011 dan surplus 10 juta ton beras pada 2014.

JAKARTA—Menteri Pertanian Suswono, menyalahkan pemerintah daerah yang dinilai tidak mendukung ketahanan pangan nasional. Masih banyaknya masalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA