Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Andhi Pramono Pakai Uang Gratifikasi Beli Berlian hingga Rumah Mewah di Pejaten

Jumat, 07 Juli 2023 – 22:25 WIB
Andhi Pramono Pakai Uang Gratifikasi Beli Berlian hingga Rumah Mewah di Pejaten - JPNN.COM
Mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono dikawal petugas menuju Rutan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (7/7/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

jpnn.com, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut mantan Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono (AP) menerima gratifikasi hingga Rp 28 miliar.

Mantan anak buah Menkeu Sri Mulyani itu menerima gratifikasi dengan menyalahgunakan wewenang jabatannya saat berdinas di Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu.

Andhi Pramono Pakai Uang Gratifikasi Beli Berlian hingga Rumah Mewah di PejatenEks Kepala Kantor Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan usai klarifikasi LHKPN oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

"Dugaan penerimaan gratifikasi oleh AP sejauh ini sejumlah sekitar Rp 28 miliar dan masih terus dilakukan penelusuran lebih lanjut," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/7).

Uang Gratifikasi Dipakai Beli Berlian hingga Rumah Mewah

KPK menemukan dugaan bahwa Andhi Pramono menggunakan uang hasil korupsi itu dengan cara dibelanjakan dan ditransfer untuk keperluan pribadi dan keluarganya.

Dalam kurun waktu 2021 dan 2022, Andhi Pramono diduga melakukan pembelian berlian senilai Rp 652 juta.

Dia juga membeli polis asuransi senilai Rp 1 miliar dan pembelian rumah mewah di wilayah Pejaten, Jakarta Selatan senilai Rp 20 miliar.

Alex menyebut penerimaan gratifikasi tersebut diduga terjadi pada rentang waktu 2012-2022.

Eks pejabat Bea Cukai Kemenkeu Andhi Pramono pakai uang gratifikasi untuk beli berlian, polis asuransi, hingga rumah mewah di Pejaten seharga Rp 20 miliar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close