Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggota DPR Wayan Sudirta Soroti Sejumlah Kasus Menimpa Petinggi Polri, Simak

Rabu, 19 Oktober 2022 – 17:03 WIB
Anggota DPR Wayan Sudirta Soroti Sejumlah Kasus Menimpa Petinggi Polri, Simak - JPNN.COM
Anggota Komisi III DPR RI I Wayan Sudirta. Dokumen pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan DPR RI I Wayan Sudirta menyoroti sejumlah kasus beruntun menimpa sejumlah petinggi kepolisian yang saat ini sedang diproses hukum.

Para petinggi Polri diduga telah menyalahgunakan kewenangan dan kekuasaan.

Menyikapi hal itu, Wayan Sudirta mengatakan saat ini menjadi momen yang pas untuk melakukan reformasi di tubuh Polri.

Walaupun ada sejumlah oknum petinggi Polri tertangkap dan diproses secara hukum dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri menurun tajam, Sudirta memandang dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit dan Presiden Joko Widodo, masih cukup tinggi.

“Pada pundak Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Presiden Joko Widodo masyarakat mengharapkan pembenahan Polri dari oknum-oknumnya menyalahgunakan kewenangan dan jabatan untuk kepentingan pribadi,” ujar Wayan Sudirta kepada wartawan, Rabu (19/10).

Pada tahun 2019, menurut Sudirta, Komisi III DPR RI telah memberikan berbagai temuan tentang Polri, antara lain kurangnya profesionalisme dan akuntabilitas yang sering melanggar ketentuan.

Selain itu, kurangnya sinergisitas penanganan perkara, lemahnya manajemen dan pengawasan penanganan perkara, seperti perkara yang dipetieskan, mengalami penundaan, kriminalisasi, citra Polri yang represif dan rentan pelanggaran HAM.

Kemudian tingginya pengaduan terkait penyalahgunaan kewenangan dan backing kegiatan ilegal, maraknya pungutan liar, keterlibatan dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta kurang terukurnya pelaksanaan dan kebijakan sistem reformasi birokrasi.

Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta menyoroti sejumlah kasus yang menimpa petinggi Polri yang saat ini sedang diproses hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close