Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggota FPI Pembakar Markas GMBI Tak Akan Dibui

Jumat, 20 Januari 2017 – 11:23 WIB
Anggota FPI Pembakar Markas GMBI Tak Akan Dibui - JPNN.COM
Ilustrasi massa mengamuk. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Polres Bogor hanya akan merehabilitasi lima anggota Front Pembela Islam (FPI) yang terlibat pembakaran markas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) beberapa waktu lalu. Pasalnya, kelima tersangka itu adalah anak-anak yang masih di bawah umur.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading kepada INDOPOS mengatakan, kasus ini ditangani oleh unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) dengan penyelesaian di luar pengadilan atau diversi.

Mereka akan dikirim ke Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Bogor untuk menjalani pembinaan selama tiga bulan.

”Kami ambil langkah hukum kasus ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak adalah melakukan upaya diversi karena tersangka masih anak dan ancaman hukumannya kurang dari 7 tahun,” terangnya kepada Indopos, Kamis (19/1).

Para tersangka itu masing-masing berinisial, I (17), IF (16), RH (17), MR (17), dan NY (17). Semuanya masih berstatus pelajar SMA.

Dicky juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan upaya diversi yang digelar di Mapolres Bogor yang dihadiri pihak-pihak terkait.

Di antaranya dari Balai Pemasyarakatan, pekerja sosial, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), kuasa hukum para pelaku, orangtua para pelaku dan jajaran Polres Bogor.

”Dari diversi tersebut didapatkan kesepakatan bahwa pihak korban, pelapor, dan terlapor sepakat berdamai. Artinya, diversi berhasil,” jelas Dicky.

 Polres Bogor hanya akan merehabilitasi lima anggota Front Pembela Islam (FPI) yang terlibat pembakaran markas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close