Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies-Cak Imin Janji Jamin Hak-Hak Jurnalis Jika Menang di Pilpres 2024

Selasa, 30 Januari 2024 – 11:49 WIB
Anies-Cak Imin Janji Jamin Hak-Hak Jurnalis Jika Menang di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Acara “Desak Anies x Slepet Imin” edisi buruh dan ojol yang berlangsung di Hall A Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (29/1). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan capres-cawapres bernomor urut 1 di Pilpres 2024, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berjanji akan menjamin hak-hak para jurnalis jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029.

Hak-hak tersebut, di antaranya kebebasan berpendapat serta terlindungi dari berbagai kriminalisasi.

Mulanya, salah satu jurnalis yang merupakan perwakilan bertanya kepada Anies Baswedan dalam acara 'Desak Anies x Slepet Imin' edisi buruh dan ojol di Hall A Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (29/1).

Penanya mengungkapkan mengenai kesejahteraan jurnalis yang minim padahal beban kerja tinggi.

Kemudian soal banyak perusahaan media melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan alasan efisiensi hingga jurnalis yang kerap mengalami kriminalisasi.

Cawapres Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menyampaikan jika dirinya dan Anies mendapatkan amanat sebagai presiden dan wapres, akan berupaya menjamin hak-hak jurnalis.

“Saya dan Mas Anies kalau kami mendapatkan amanat ini, kami akan menjamin hak-hak yang melekat pada seorang jurnalis, kebebasan untuk menyampaikan ekspresi pekerjaannya, dan perlindungan hukum itu mutlak," ujar Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut jurnalis merupakan profesi sosial yang memiliki ruang lingkup atau pola hubungan yang khusus.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berjanji akan menjamin hak-hak para jurnalis bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close