Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Anies: Kami Tidak Ingin Mengorbankan Keselamatan Warga Demi Pencapaian Perekonomian

Rabu, 11 Maret 2020 – 14:29 WIB
Anies: Kami Tidak Ingin Mengorbankan Keselamatan Warga Demi Pencapaian Perekonomian - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti konvoi Jakarta E-Prix 2020 menaiki mobil listrik BMW i8 Roadster yang dibawa oleh pebalap Formula 2 Sean Gelael menuju Monas, Jakarta, Jumat (20/9/2019). Foto: Antara/Livia K

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak mau mengorbankan keselamatan warga hanya demi pencapaian ekonomi. Berkaca dari situ, Pemprov DKI Jakarta membatalkan gelaran Formula E di ibu kota.

"Kami tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang Formula E memberikan dampak ekonomi yang besar, tetapi bila punya risiko untuk warga, maka kami tunda," kata Anies ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3).

Mantan Mendikbud itu melanjutkan, penyelenggaraan Formula E berisiko pada saat dunia tengah diterpa wabah virus corona. Terutama, berkaitan dengan penyebaran virus tersebut ke Indonesia.

Dalam analisis Pemprov DKI, kata Anies, wisatawan mancanegara bakal menuju Indonesia seandainya Formula E digelar di Jakarta. Tidak tertutup kemungkinan, para wisatawan yang hadir itu berasal dari negara yang rawan penyebaran corona.

"Kegiatan Formula E ini adalah sebuah kegiatan yang dihadiri oleh wisatawan internasional. Risiko yang mungkin terjadi terlalu besar bagi Jakarta bila begitu banyak wisatawan datang dari negara-negara yang memiliki kasus corona," ucap Anies.

Anies lantas berkaca dari peristiwa wabah corona di Italia. Upaya membuka keran wisatawan mancanegara masuk, justru mengantar Italia menjadi satu di antara negara yang terdampak besar virus corona.

"Kami tidak ingin Jakarta mengalami seperti itu. Namun, untuk tidak mengalami seperti itu, kami harus melakukan langkah-langkah pembatasan kegiatan warga," kata dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akhirnya menunda penyelenggaraan Formula E. Keputusan itu diambil mempertimbangkan wabah virus corona yang tengah melanda Jakarta.

loading...