Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antam Dukung Produksi Massal Baterai untuk Kendaraan Listrik

Sabtu, 11 Desember 2021 – 22:37 WIB
Antam Dukung Produksi Massal Baterai untuk Kendaraan Listrik - JPNN.COM
Stasiun pengisian baterai kendaraan listrik Tesla. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - PT. Aneka Tambang (Antam) mendukung upaya pemerintah yang menargetkan produksi massal baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pada 2025 mendatang.

Antam mendukung Indonesia menjadi produsen utama baterai sebab terdapat cadangan nikel yang sangat besar dan berkualitas.

Pengamat Hukum Energi dan Pertambangan Universitas Tarumanegara Ahmad Redi mengapresiasi dukungan PT Antam tersebut.

Menurutnya, dukungan itu sangat penting dalam menyukseskan program produksi massal EV yang dicanangkan pemerintah dalam lima tahun ke depan ini.

Redi mengatakan Indonesia tidak hanya mampu menjadi produsen, tetapi juga sangat memenuhi syarat untuk menjadi pemain global dalam industri ini.

“Bahan baku untuk baterai kendaraan listrik itu kita sangat kaya raya sehingga sudah semestinya Indonesia menjadi pemain global di sektor baterai mobil listrik ini,” kata Redi di Jakarta.

Salah satu syaratnya, kata dia, semua stakeholders, terutama empat BUMN yakni PT Aneka Tambang Tbk (Antam), Industri Pertambangan Mind ID (Inalum), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero) dapat memaksimalkan perannya masing-masing.

Menurutnya, PT Antam sangat tepat jika terlibat penuh mengingat perusahaan itu bergerak di sektor tambang dan menghasilkan bijih nikel yang merupakan bahan baku dari EV. 

Jangan sampai Indonesia dalam hal ini PT Antam melepaskan momen terbaik untuk produksi massal baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pada 2025 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close