Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antitipasi Banjir Akibat Tanggul Jebol

Kamis, 01 Maret 2012 – 09:49 WIB
Antitipasi Banjir Akibat Tanggul Jebol - JPNN.COM
UNTUK mengatasi terjadinya genangan akibat banjir kiriman dan jebolnya turap Kali Baru Timur, Dinas PU DKI Jakarta menyiapkan empat langkah strategis. Empat langkah itu akan dilakukan dibagi dalam tiga tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI Jakarta Tarjuki mengungkapkan, tahap jangka pendek yakni memperbaiki kapasitas spill way (limpasan) ke arah Cipinang untuk mengurangi beban Kali Baru Timur. Rencana perbaikan spill way akan dilakukan pada awal bulan Maret. "Ditargetkan selesai pada akhir bulan itu juga," ujar dia, Rabu (29/2).

Sedangkan tahap jangka menengah, dilakukan peninggian tanggul sisi barat yang lokasinya dekat dengan daerah pemukiman warga. "Namun untuk melakukan peninggian tanggul itu, akan dilakukan penelitian terlebih dahulu," tuturnya.

Pada tahap jangka panjang, DPU DKI akan menambah kapasitas sodetan ke arah Ciliwung sebelum koker PGC dan memotong kepala spill way. Juga mengeruk crossing Kali Baru Timur yang mengarah ke Kali Ciliwung.

UNTUK mengatasi terjadinya genangan akibat banjir kiriman dan jebolnya turap Kali Baru Timur, Dinas PU DKI Jakarta menyiapkan empat langkah strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA