Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AQUA-POPSEA Resmikan Fasilitas Daur Ulang Modern Pertama di Kaltim

Kamis, 26 September 2024 – 20:27 WIB
AQUA-POPSEA Resmikan Fasilitas Daur Ulang Modern Pertama di Kaltim - JPNN.COM
Dukung penerapan ekonomi sirkular di Kalimantan, AQUA berkolaborasi dengan Prevented Ocean Plastic Southeast Asia (POPSEA) resmikan fasilitas daur ulang (Aggregation Center) modern pertama. Foto: Dok. AQUA

jpnn.com, SAMARINDA - AQUA berkolaborasi dengan Prevented Ocean Plastic Southeast Asia (POPSEA) melalui peresmian Fasilitas Daur Ulang (Aggregation Center) di Samarinda, Kalimantan Timur.

Fasilitas Daur Ulang merupakan fasilitas pengumpulan dan pemilahan sampah plastik yang dirancang untuk mendukung proses daur ulang secara lebih efisien.

Kehadiran Fasilitas Daur Ulang ini diharapkan mampu mengumpulkan 9.600 metrik ton plastik PET setiap tahun.

Fasilitas Daur Ulang modern pertama di Kalimantan diresmikan Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rofi Alhanif, Fungsional Pembina Industri Ahli Muda Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi Kementerian Perindustrian Murboyudo Joyosuyono, Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo, dan President Director Prevented Ocean Plastic Southeast Asia Daniel Lawrence Angelo Law.

Hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur Anwar Sanusi dan Kepala Pusat Pembangunan Pengendalian Ekoregion Kalimantan Ishak Yassir.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) tahun 2022, jumlah timbunan sampah di Kalimantan Timur telah mencapai lebih dari 791 ribu ton.

Sampah terbesar berasal dari rumah tangga yang menyumbang 55,97% dari total timbunan. Melihat jenis sampahnya, mayoritas sampah di Kaltim adalah sisa makanan sebanyak 51,11%, diikuti oleh plastik 19,5%, dan sampah kertas/karton 12,37%.

Peningkatan jumlah sampah ini tidak terlepas dari bertambahnya jumlah penduduk dan pesatnya pembangunan, salah satunya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

AQUA berkolaborasi dengan Prevented Ocean Plastic Southeast Asia (POPSEA) melalui peresmian Fasilitas Daur Ulang di Kalimantan Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA