Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arab Saudi Terancam di-Blacklist

Tersinggung, Kemenlu Kirim Nota Diplomatik

Rabu, 17 November 2010 – 10:03 WIB
Arab Saudi Terancam di-Blacklist - JPNN.COM
JAKARTA - Penyiksaan biadab terhadap Sumiati binti Salan Mustafa (23 tahun), "Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dompu, NTT, ketika bekerja di Arab Saudi terus menggelinding. Sumiati yang dihajar majikannya Khalid Saleh Mohammad Al Hamimi dan digunting bibir atasnya harus menjadi korban terakhir penyiksaan buruh migran. Karena itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kementerian Tenaga Kerja satu kata memberlakukan sanksi dan memrotes keras kejadian di luar batas perikemanusiaan itu.

"Ini kejadian sangat serius, jadi besar kemungkinan kami tidak hanya sekedar memrotes tapi menuntut keadilan. Bila perlu Arab Saudi akan kami blacklist dari daftar pengiriman TKI," ancam Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abdul Muhaimin Iskandar ketika ditemui di kantornya tadi malam.

Luka yang dialami Sumiati antara lain luka bakar dibeberapa titik di tubuhnya. Kedua kakinya nyaris lumpuh. Kulit tubuh dan kepalanya terkelupas. Jari tengahnya retak. Alis matanya rusak. Yang paling parah, bibir bagian atas Sumiati hilang. Saat ini, Kemenakertrans mempersiapkan tim pendamping untuk memfasilitasi keberangkatan perwakilan keluarga Sumiati dan menyelesaikan permasalahan di" Arab Saudi. Kehadiran perwakilan keluarga diharapkan memberikan dorongan moral dan mempercepat pemulihan kesehatan Sumiati.

"Tim pendamping dari pemerintah Indonesia itu terdiri dari petugas yang berasal dari Kemenakertrans, Kemenlu, BNP2TKI serta perwakilan dari Asuransi TKI dan PPTKIS yang memberangkatkan Sumiati," ujar Muhaimin.

JAKARTA - Penyiksaan biadab terhadap Sumiati binti Salan Mustafa (23 tahun), "Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dompu, NTT, ketika bekerja di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA