Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arbitrase Newmont Bisa Rugikan Rakyat

Rabu, 10 Desember 2008 – 21:43 WIB
Arbitrase Newmont Bisa Rugikan Rakyat - JPNN.COM
JAKARTA--Researcer Institute for Global Justice—Jakarta Salamuddin Daeng pada JPNN di Jakarta Rabu (10/12) menjelaskan, sidang perdana arbitrase PT. NNT Vs Pemerintah RI yang berlangsung secara tertutup  adalah pengadilan yang berpotensi merugikan rakyat, khususnya masyarakat NTB. Sejak awal pemerintah tidak pernah mengumumkan kepada publik tentang masalah ini, baik menyangkut waktu, tempat dan siapa arbiter yang ditunjuk oleh pemerintah.

Dikatakan, di tengah lemahnya aturan dan rendahnya kejujuran para penyelenggara negara, sangat mungkin proses ini diselewengkan untuk kepentingan orang per orang, yang akibatnya hasil arbitrase nantinya akan merugikan negara.

Meskipun sidangnya dilakukan secara tertutup sebagaimana diatur dalam konstitusi, (UU RI No. 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa), akan tetapi proses seharusnya berlangsung secara terbuka, supaya publik tahu bagimana pengadilan ini diselenggarakan dan publik dapat mengawasi pekerjaan para arbiter pemerintah.

''Pemerintah harus menyampaikan kepada publik apa yang telah dicapai dalam proses persidangan. Karena arbitrase berkaitan dengan kepentingan masyarakat Indonesia. Kekalahan pemerintah akan menimbulkan konsekuensi buruk khususnya bagi rakyat NTB,'' katanya.

JAKARTA--Researcer Institute for Global Justice—Jakarta Salamuddin Daeng pada JPNN di Jakarta Rabu (10/12) menjelaskan, sidang perdana arbitrase

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA