Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arief Poyuono: Tenang Saja Pak Jokowi, Itu Persoalan Kecil

Senin, 16 Desember 2019 – 15:50 WIB
Arief Poyuono: Tenang Saja Pak Jokowi, Itu Persoalan Kecil - JPNN.COM
Arief Poyuono. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menawarkan bantuan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lagi jengkel karena 5 proyek kilang minyak yang diprogramnya sejak periode pertama, tidak ada yang terealisasi.

“Jangan jengkel-jengkel Kang Mas, nanti sakit loh. Tenang saja Kang Mas, itu persoalan kecil. Saya pun bisa bantu Kang Mas untuk relisasikan kilang minyak tersebut, hehehe," ucap Arief kepada jpnn.com, Senin (16/12).

Arief pun mengungkap alasan mengapa proyek pembangunan 5 kilang minyak yang diprogramkan Presiden ketujuh RI tersebut di periode pertamanya tidak jalan. Antara laim karena sejumlah rekanan Pertamina yang memenangkan tender ternyata cuma brooker dan tidak punya dana untuk membangunnya.

Satu contoh saja, kata Arief, perusahaan migas asal Oman, Overseas Oil & Gas/OOG yang akan melakukan pembangunan proyek Grass Root Refinery (GRR) atau pembangunan kilang baru di Bontang.

Untuk mengembangkan kilang tersebut, OOG telah menggandeng dua mitra lokal yang akan bekerja sama dengan perusahaan untuk membangun fasilitas pendukung di Kilang Bontang.

“Nah, mitra lokalnya kalau enggak salah satu anak perusahaan Mina Padi yang mana saat ini saja produk reksa dana Mina Padi sedang bermasalah di pasar modal alias ditutup kelima produk reksadananya," ucap Arief.

Ketua umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu ini juga mengatakan bahwa OOG itu bukanlah National Oil Company milik negara Oman, dan tidak memiliki permodalan atau akses modal yang kuat untuk berinvestasi membangun kIlang minyak di Bontang dengan nilai hampir 15 mIlyar USD.

"Direksi Pertamina kurang andal dan kurang punya akses ke pasar keuangan dunia serta ke investor minyak dunia untuk bisa diajak berinvestasi membangun lima kilang minyak tersebut. Artinya harus dirombak total semua direksi Pertamina dengan sosok yang mampu menyakinkan investor untuk bangun kilang minyak. Nah Ahok mampu enggak ya," tutur Arief.

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menawarkan bantuan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lagi jengkel karena 5 proyek kilang minyak tidak ada yang terealisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close