Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arya Sinulingga: Kartu Prakerja Bukan Untuk Menggaji Pengangguran

Kamis, 14 Maret 2019 – 15:05 WIB
Arya Sinulingga: Kartu Prakerja Bukan Untuk Menggaji Pengangguran - JPNN.COM
Jubir TKN Jokowi - Ma'ruf, Arya Sinulingga (kiri) dan media officer TKN Monang Sinaga. Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara TKN Jokowi - Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga menegaskan program Kartu Prakerja bukan untuk menggaji para pengangguran.

“Mengenai Kartu Prakerja, cukup banyak simpang siur. Ada yang mengatakan bahwa itu menggaji orang pengangguran, tidak seperti itu,” kata Arya dalam keterangan pers, Rabu (13/3) malam.

Arya menambahkan, ada beberapa manfaat yang akan diberikan oleh Kartu Prakerja. Terutama kepada mereka yang baru mengalami PHK.

Politikus Perindo berusia 48 tahun itu menjelaskan, setelah mendapatkan Kartu Prakerja akan diberikan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) dan mendapatkan honor.

Setelah pelatihan, pemerintah akan memberikan honor selama maksimal tiga bulan atau selama waktu tertentu sampai dia benar-benar mendapatkan kerja. “Kartu Prakerja ditujukan untuk dua kondisi, satu untuk karyawan yang kena PHK,” katanya.

(Baca Juga: Nyinyir soal Kartu Prakerja? Tolong Simak Penjelasan Misbakhun Ini)

“Kedua, ini juga diberikan kepada orang yang sudah masuk ke usia kerja, yang belum bekerja, selama di BLK mereka akan diberikan honor karena belum mempunyai pengalaman. Maka diperkirakan selama satu tahun mereka akan lebih lama untuk mencari pekerjaan,” imbuh Arya.

Terkait tujuan negara dalam memfasilitasi para pencari kerja, Arya menjelaskan negara memberikan anggaran untuk mereka, agar semakin cepat mendapatkan pekerjaan.

Arya Sinulingga mengatakan ada beberapa manfaat yang akan diberikan oleh Kartu Prakerja. Terutama kepada mereka yang baru mengalami PHK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close