Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asam Amino Penting untuk Pemulihan Tubuh Setelah Olahraga

Minggu, 28 Juli 2024 – 11:14 WIB
Asam Amino Penting untuk Pemulihan Tubuh Setelah Olahraga - JPNN.COM
Ajinomoto melalui brand aminoVITAL™ menggelar Workshop bertema “Training-Fueling-Recovery pada acara Road to Garmin Run Indonesia 2024”. Foto: Dok. Ajinomoto

jpnn.com, JAKARTA - Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh, terutama ketika berolahraga.

Asam amino diperlukan untuk membantu proses pemulihan otot dan mengurangi kelelahan setelah berolahraga.

“Aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari jarak jauh memerlukan energi yang berkelanjutan untuk membantu mereka melewati latihan yang panjang,” kata Emilia E. Achmadi MS, Clinical Dietitian-Sport Nutritionist dalam keterangannya, Minggu (28/7).

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh para sport enthusiast adalah tidak melakukan proses pemulihan dengan benar dan tidak memberikan waktu cukup setelah sesi latihan maupun race. Efeknya, mereka berpotensi mengalami nyeri otot berkepanjangan, penurunan performa dalam aktivitas fisik, dan cedera.

“Hal itu terjadi karena kita tidak memperhatikan energi sistem tubuh,” ungkapnya.

Untuk melakukan edukasi tentang pentingnya pemulihan secara benar selepas olahraga ini, Ajinomoto melalui brand aminoVITAL™ menggelar Workshop bertema “Training-Fueling-Recovery pada acara Road to Garmin Run Indonesia 2024” di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kegiatan itu dihadiri 50 orang sport enthusiast yang mayoritas tergabung dalam berbagai running community.

“Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam energi sistem itu adalah asupan yang masuk ke tubuh kita atau analogi mudahnya adalah bahan bakar apa yang tubuh kita perlukan untuk menghasilkan energi, dan tak lupa hidrasi juga penting,” tuturnya.

Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh, terutama ketika olahraga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA