Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asetku Salurkan Pinjaman Rp 543 Miliar ke Jawa Timur

Sabtu, 30 November 2019 – 14:24 WIB
Asetku Salurkan Pinjaman Rp 543 Miliar ke Jawa Timur - JPNN.COM
Stand Asetku di Fintech Exhibition. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) kembali menyelenggarakan Fintech Exhibition 2019 di Surabaya, Jawa Timur. Acara berlangsung selama tiga hari mulai dari 29 November - 1 Desember 2019, di SCC Pakuwon Trade Center, Surabaya.

Acara ini di dukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan puluhan platform fintech peer to peer lending (P2P) yang telah terdaftar dan diawasi OJK, salah satunya Asetku.

Chief Risk Officer (CRO) Asetku, Jimmi Adhe Kharisma mengatakan, acara edukasi ini dikemas berupa pameran, hiburan, dan talkshow seputar industri financial technology (Fintech).

“Yang utama itu, pastikan masyarakat menggunakan fintech lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar aman dan terhindar dari praktik-praktik ilegal yang dapat merugikan. Bukan hanya merugikan calon pengguna namun juga merugikan industri ini,” kata Jimmi, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (30/11).

Jimmi menambahkan, selama ini Asetku turut aktif berpartispasi di setiap kesempatan dalam upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital Indonesia. Ia menilai, Jawa Timur, merupakan salah satu provinsi yang menjanjikan bagi industri fintech. Menurut data OJK, penyaluran dana ke peminjam seluruh Indonesia dari 144 platform P2P Lending mencapai Rp 60 trilliun per Oktober 2019.

Penyaluran dana ke peminjam di Jawa Timur 10 persen dari total penyaluran dana yaitu sekitar Rp 6 triliun. Dari total angka tersebut, 9,1 persen berasal dari penyaluran dana Asetku di Jawa Timur.

“Saat ini total penyaluran dana yang diberikan kepada peminjam Jawa Timur mencapai Rp 543 Miliar per Oktober 2019. Bukan hanya penyaluran dana ke peminjam Jawa Timur yang cukup memuaskan, namun juga dana yang berasal dari pendana atau lender Asetku di Jawa Timur mencapai Rp 485 Miliar," ungkap Jimmi.

Jumlah pinjaman yang diberikan pendana di Jawa Timur juga menjadi provinsi ke-tiga terbesar berdasarkan jumlah akumulasi dana. “Dari sini bisa kami simpulkan bahwa masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya sudah cukup aware akan layanan fintech P2P lending baik dari sisi peminjam maupun dari sisi pendana," katanya.

Perusahaan fintech, Asetku telah menyalurkan dana pinjaman ke Jawa Timur, mencapai Rp 543 miliar per Oktober 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close