Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung Dorong Mahasiswa Memantau Pemilu

Selasa, 19 Desember 2023 – 12:16 WIB
Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung Dorong Mahasiswa Memantau Pemilu - JPNN.COM
Tamsil Linrung dan Anies Baswedan. Foto: Instagram/tamsilinrung

jpnn.com - JAKARTA - Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung mendorong keterlibatan tim pemantau independen, termasuk mahasiswa, untuk mengawal pemilu yang bersih.

"AMIN bukan pasangan calon yang punya infrastruktur kekuasaan untuk digerakkan. Pemantau independen sangat membantu, karena paslon AMIN yang berpotensi paling dirugikan jika terjadi kecurangan," ujar Tamsil.

"Pemantau independen akan menjadi mata dan telinga rakyat yang mengawasi jalannya pesta demokrasi," imbuhnya.

Menurut Tamsil, partisipasi mahasiswa sebagai pemantau independen mendapatkan ruang dari undang-undang dan sudah lazim dilakukan untuk memastikan pesta demokrasi berkualitas. "Keberadaan pemantau independen menjadi angin segar di tengah anasir kecurangan yang mulai marak," katanya.

Tamsil menuturkan, mahasiswa adalah kaum intelektual, kritis dan berpihak pada nilai-nilai kebenaran. Menurutnya, mahasiswa harus mengambil peran mencegah kecurangan pada Pemilu 2024.

"Kami mendorong mahasiswa berperan aktif mengawasi pemilu dan pilpres karena mahasiswa adalah gerakan moral. Kaum terdidik yang kritis dan cerdas. Mereka harus mengambil peran mengawal suara rakyat di lapangan (TPS) hingga sampai ke rekapitulasi nasional," ujar pria kelahiran Pangkajene Kepulauan ini.

Di sisi lain, Tamsil juga meyakini Muhammadiyah juga akan berperan besar dalam pesta demokrasi nanti. Menurutnya, Muhammadiyah sebagai ormas besar, yang punya banyak kampus, akan mendorong mahasiswanya menjadi pemantau pemilu.

"Muhammadiyah selau hadir mendorong kebaikan untuk bangsa. Karena itu, saya pun mengajak mahasiswa dari berbagai kampus Muhammadiyah menjadi garda terdepan mengawasi dan mengantisipasi potensi kecurangan," katanya.

Tamsil Linrung bilang AMIN bukan pasangan calon yang punya infrastruktur kekuasaan untuk digerakkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close