Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asman Apresiasi Upaya Kemenristekdikti Mereformasi Birokrasi

Selasa, 20 Maret 2018 – 20:29 WIB
Asman Apresiasi Upaya Kemenristekdikti Mereformasi Birokrasi - JPNN.COM
Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengungkapkan, pelayanan publik menjadi outcome suatu birokrasi.

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelayan negara yang dalam kondisi apapun harus bisa melayani dengan baik dan ramah.

"Hospitality tidak bisa terpisahkan dari ASN. Perbaikan layanan publik pada reformasi birokrasi itu artinya semua bisa terukur, ada kepastian bagi masyarakat. Layanan publik perlu dibuat transparan sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat luas," terang Menteri Asman dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Selasa (20/3).

Dia memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti yang menyelenggarakan FKP sebagai bentuk dukungan terciptanya reformasi birokrasi terhadap layanan publik. Khususnya yang berkaitan dengan kualifikasi dan kompetensi dosen Indonesia.

Forum ini sendiri merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PermenPAN-RB Nomor 16 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik di Lingkungan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Ada enam layanan yang menjadi fokus pembahasan, meliputi layanan Penilaian Angka Kredit (PAK), layanan Registrasi Pendidik, layanan Izin Luar Negeri, Program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam dan Luar Negeri (BUDI DN-LN), program beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), serta layanan Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTer).

Adapun peserta forum berasal dari 23 stakeholder, baik dari perguruan tinggi maupun kopertis yang berperan memberikan layanan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Ali Ghufron Mukti secara khusus mengenalkan layanan Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTer). Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menjelaskan, SISTer menjadi layanan unggulan Air.

Forum Konsultasi Publik di Kemenristekdikti mendapat apresiasi Menpan-RB Asman Abnur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close