Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asrorun Niam Sebut Pemuda Adalah Jangkar Persatuan dan Keadaban dalam Kebinekaan

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 20:36 WIB
Asrorun Niam Sebut Pemuda Adalah Jangkar Persatuan dan Keadaban dalam Kebinekaan - JPNN.COM
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Soleh di acara Pertukaran Pemuda AntarProvinsi (PPAP) 2022 di Distrik Sidey Manokwari Papua Barat, Jumat sore (4/8/2022). Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, MANOKWARI - Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Soleh menyatakan anak-anak muda perlu diberikan pengalaman secara langsung untuk memahani, menyaksikan, dan merasakan keragaman bangsa.

Hal ini mengingat anak muda sebagai jangkar persatuan dan kebersamaan di tengah kebinekaan Indonesia.

"Dengan merasakan secara langsung, akan muncul saling respek dan saling memahami antara satu dengan yang lain dngan mengedepankan semangat kebersamaan," ujar Niam dalam penutupan acara Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) 2022 di Distrik Sidey Manokwari Papua Barat, Jumat sore (4/8/2022).

Niam menyatakan kegiatan PPAP ini merupakan salah satu kegiatan rintisan atau pilot project untuk membangun karakter kebangsaan kaum muda dengan pendekatan partisipatori.

Bukan menonjolkan perbedaan dan menjadikannya sebagai sarana untuk memisahkan dan memecah belah.

"Di sinilah salah satu tujuan dari inisiasi kegiatan ini," ujarnya.

Niam mencontohkan fenomena Citayam Fashion Week misalnya yang perlu diapresiasi sebagai bentuk kreativitas anak muda dalam mengartikulasikan minat dan bakatnya.

Namun, pada saat yang sama kreativitas itu harus dilindungi dari adanya penumpang gelap yang membajak kreativitas tersebut dan mengotorinya dengan aktivitas yang bertentangan dengan norma nilai keadaban kita sebagai bangsa, seperti kampanye homoseksual dan sejenisnya.

Asrorun Niam Soleh menyatakan anak-anak muda perlu diberikan pengalaman secara langsung untuk memahani, menyaksikan, dan merasakan keragaman bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close