Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Macet, ERP Ganti Three In One

Senin, 22 November 2010 – 17:12 WIB
Atasi Macet, ERP Ganti Three In One - JPNN.COM
JAKARTA - Mengatasi kemacetan ibukota Jakarta, saat ini kembali ramai dibicarakan penerapan sistem Electronic Road Pricing (ERP) menggantikan sistem Three In One (3 In 1) yang ternyata tidak berjalan maksimal mengurangi kemacetan di Ibukota. Sistem ERP yaitu pengendara kendaraan bermotor harus membayar untuk melewati kawasan tertentu dengan menggunakan kartu elektronik. Sistem ini sukses dilakukan oleh pemerintah Singapura dalam mengatasi lalu lintas jalan utama mereka.

‘’Ini sepertinya bagus dan sederhana. Tapi kalau diterapkan, pada kawasan tertentu akan menyangkut aktifitas kendaraan yang harus berubah. Karena itu perlu kembali diatur,’’ kata Menteri koordinator bidang perekonomian Hatta Rajasa kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/11).

Sebenarnya usulan ERP ini sudah masuk ke Kementerian Perhubungan. Namun, usulan dari Pemprov DKI Jakarta tersebut masih berbenturan dengan beberapa aturan terkait khususnya pendapatan.

‘’Pemerintah DKI juga sudah mengajukan soal pembatasan truk-truk angkutan, terutama trailer yang bergeraknya di malam hari. Usulan ini sangat bagus, tapi banyak yang harus diperhatikan. Misalnya kalau kontainer menginap, tentu mereka harus bayar tambahan. Ini yang sedang kita bicarakan lagi,’’ kata Hatta.

JAKARTA - Mengatasi kemacetan ibukota Jakarta, saat ini kembali ramai dibicarakan penerapan sistem Electronic Road Pricing (ERP) menggantikan sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA