Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Pengaruh Perubahan Iklim, Pemerintah Dukung Kerja Sama Lintas Sektor

Rabu, 13 Desember 2023 – 15:02 WIB
Atasi Pengaruh Perubahan Iklim, Pemerintah Dukung Kerja Sama Lintas Sektor - JPNN.COM
Pemerintah dukung kerja sama lintas sektor dalam pendekatan lanskap komprehensif untuk atasi pengaruh perubahan iklim. Foto: ekon.go.id

jpnn.com, DUBAI - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi Conference of the Parties ke 28 (KTT COP28) di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 30 November-12 Desember 2023.

Indonesia berkomitmen menguatkan kerja sama global dalam mengatasi perubahan iklim, serta memastikan pertumbuhan ekonomi dapat terus berjalan beriringan dengan komitmen global tersebut.

Dalam KTT COP28, Indonesia meneguhkan upaya untuk mengatasi perubahan iklim, mengurangi emisi global, dan memerangi kelaparan yang sejalan dengan tujuan SDGs.

Pada kesempatan ini, Kemenko Perekonomian bekerja sama dengan World Bank menggelar talkshow di Paviliun Indonesia pada 3 Desember 2023, yang mengangkat tema “Working Across Sector and Ministries for a Comprehensive Landscape Approach”.

Sesi tersebut dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset dan Inovasi Kemenko Perekonomian Elen Setiadi.

Sesi yang dipandu oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Dida Gardera, itu menunjukkan upaya Indonesia dalam meningkatkan tata kelola sektor lanskap, upaya, tantangan, dan pembelajaran dalam menyelaraskan program di tingkat nasional dan internasional.

Deputi Elen menyampaikan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pendekatan lanskap terpadu, mulai dari tingkat strategis hingga implementasi di lapangan.

“Kami telah menyusun target, indikator dan outcome rendah karbon dalam dokumen perencanaan pembangunan dan memastikan pelaksanaan program melalui sinergi lintas sektor. Kami juga menerapkan mekanisme climate budget tagging di tingkat nasional dan daerah untuk memastikan akuntabilitas alokasi anggaran perubahan iklim di seluruh sektor,” jelas Deputi Elen.

Pemerintah dukung kerja sama lintas sektor dalam pendekatan lanskap komprehensif untuk atasi pengaruh perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close