Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awal 2021, Bea Cukai Kembali Gencarkan Ekspor Berbagai Komoditas

Senin, 25 Januari 2021 – 19:35 WIB
Awal 2021, Bea Cukai Kembali Gencarkan Ekspor Berbagai Komoditas - JPNN.COM
Bea Cukai terus menggencarkan ekspor beragam komoditas di awal 2021 ini. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelontarkan fasilitas eksportasi berbagai komoditas untuk menggenjot ekspor yang tersebar di beberapa wilayah di antaranya Yogyakarta, Luwuk, Merauke, dan Semarang.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Syarif Hidayat menyampaikan, mengawali 2021, Bea Cukai Yogyakarta melayani dokumen ekspor PT Mega Andalan Kalasan (MAK), Kamis (7/1).

“Sebanyak 88 box hospital furniture diekspor ke Melbourne, Australia. Nilai devisanya mencapai USD 45.504 atau sekitar Rp 640 juta,” ungkap Syarif, Senin (25/1).

PT MAK, salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat. Selain melakukan ekspor ke Australia, MAK juga mengirim produknya ke Jepang, Myanmar, Filipina, Prancis, dan negara-negara lain.

Bea Cukai Yogyakarta juga memfasilitasi ekspor oleh CV Berkat Marina Jaya.

Hingga 8 Januari 2021, perusahaan ini telah melakukan tiga kali ekspor ikan segar dengan total berat 1.311,30 kilogram dengan jumlah devisa mencapai USD 1.818,89.

Petugas Bea Cukai Yogyakarya berkoordinasi dengan karantina melakukan pemeriksaan setiap ikan yang akan diekspor tersebut melalui Bandara Yogyakarta International Airport.

Selain itu, lanjut Syarif, geliat perekonomian di wilayah perbatasan negara di Papua selatan, tepatnya di Kelurahan Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digul, mulai bangkit dengan realisasi ekspor produk crude palm oil (CPO) yang dilakukan oleh PT Bio Inti Agrindo ke India, Senin (18/1).

Penerimaan negara ini sangat berarti sekali bagi perekonomian nasional di tengah pandemi Covid-19 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close