Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, 7500 Program Studi Belum Terakreditasi

Kamis, 01 Juli 2010 – 21:30 WIB
Awas, 7500 Program Studi Belum Terakreditasi - JPNN.COM
JAKARTA --Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso menerangkan, pihak Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) merencanakan untuk tidak menjadikan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sebagai satu-satunya penentu status akreditasi.

Djoko menjelaskan, program studi yang belum terakreditasi hingga saat ini jumlahnya ribuan. Padahal, Kemendiknas pernah menargetkan pada 2012 seluruh perguruan tinggi harus sudah terakreditasi.  "Maka dari itu, kami menilai bahwa BAN PT sebagai lembaga satu-satunya penentu akreditas,i tidak akan mampu mengejar target itu," terang Djoko di Jakarta, Kamis (1/7).

Dengan kondisi ini, Djoko mengatakan bahwa pihaknya juga tengah memikirkan inovasi baru seperti apa untuk mengejar target itu. Di samping itu, Kemdiknas juga belum dapat memastikan apakah akan membentuk  badan baru selain BAN PT atau tidak untuk  penentuan akreditasi kampus. Akan tetapi, lanjut Djoko, walapun tidak dibentuk badan baru bisa saja legalitas program studi mengacu pada standar akreditasi internasional. “Namun sebelumnya kita lihat UU-nya dulu. Badan akreditasi kan tidak independen dan bisa lebih dari satu,” jelasnya

Sebelumnya Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh berharap masyarakat agar berhati-hati memilih program studi di perguruan tinggi yang belum terakreditasi. Calon mahasiswa harus cermat melihat apakah program studi di perguruan tinggi yang dituju sudah terakreditasi atau belum.

JAKARTA --Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso menerangkan, pihak Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) merencanakan untuk tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close