Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas... di Bandara Soekarno-Hatta Pesawat Rawan Tabrakan

Radar Uzur dan Sering Mati

Jumat, 28 Oktober 2011 – 10:48 WIB
Awas... di Bandara Soekarno-Hatta Pesawat Rawan Tabrakan - JPNN.COM
TANGERANG – Keberangka tan puluhan maskapai penerbangan dari luar daerah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng maupun arah sebaliknya terpaksa ditunda. Pasalnya, sistem radar di udara mengalami masalah 40 menit sampai 1 jam.

 

Matinya sistem pengatur lalulintas udara atau radar di Bandara Soetta itu terjadi pukul 16.30. "Tiba-tiba, kode atau nomor penerbangan itu hilang di layar monitor radar," kata petugas Air Traffic Controller (ATC) Bandara Soetta kepada INDOPOS (JPNN Grup), kemarin.

 

Dia menyatakan matinya sistem radar ini membuat petugas piket panik karena sistem back up tidak ada. "Jalan satu-satunya menggunakan manual atau non sistem radar," ujarnya.

Menurut sumber INDOPOS (JPNN Grup) yang enggan disebutkan namanya, rusaknya sistem radar di Bandara Soetta ini bukan pertama kali. Sebab, peralatan pengatur lalu lintas di udara itu sudah berusia lebih dari 15 tahun. Padahal, idealnya 10 tahun. "Sudah selayaknya fasilitas urgen tersebut diganti demi keselamatan para penumpang," kata dia.

 

TANGERANG – Keberangka tan puluhan maskapai penerbangan dari luar daerah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng maupun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA