Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas! Harga Beras Global Bergejolak

Selasa, 29 Agustus 2023 – 09:23 WIB
Awas! Harga Beras Global Bergejolak - JPNN.COM
Harga beras global yang mulai bergejolak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta, Ekonom & CEO Narasi Institute Achmad Nur Hidayat memperingatkan terkait harga beras global yang mulai bergejolak.

Pasalnya, eksportir beras terbesar di dunia, India, telah mengambil langkah drastis dalam memperketat regulasi ekspor berasnya.

"Sebuah keputusan yang berdampak pada pasar pangan global. Berdasarkan pernyataan Kementerian Perdagangan India, pemerintah akan menetapkan harga beras dasar sebesar USD 1.200 per ton untuk beras basmati ekspor," kata Nur Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (29/8).

Adapun langkah itu, kata Nur Hidayat karena terjadi masalah internal, seperti penyelundupan beras putih non-basmati dan risiko penurunan pasokan beras dalam negeri akibat cuaca buruk.

Penetapan harga minimum itu diambil setelah melihat fluktuasi harga ekspor gabah yang cukup besar. Dalam beberapa kasus, jenis aromatik dijual seharga USD 359 per ton.

Harga tersebut jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata harga ekspor bulan ini yang sebesar USD 1.214.

India juga mengenakan pajak ekspor beras pratanak sebesar 20 persen. Beras setengah matang menyumbang sekitar sepertiga dari total ekspor beras India.

Presiden Asosiasi Eksportir Beras, B.V. Krishna Rao mengatakan langkah India untuk mengenakan pajak beras pratanak dapat menurunkan harga beras dalam negeri, sehingga membantu pemerintah mengendalikan inflasi pangan.

Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta, Ekonom & CEO Narasi Institute Achmad Nur Hidayat memperingatkan terkait harga beras global yang mulai bergejolak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close