Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Azis Berharap Kerja Sama Indonesia - Turki di Bidang Perdagangan Terus Meningkat

Kamis, 05 November 2020 – 13:32 WIB
Azis Berharap Kerja Sama Indonesia - Turki di Bidang Perdagangan Terus Meningkat - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan Indonesia dan Turki memiliki hubungan istimewa. Azis menilai dengan potensi meningkatnya investasi Turki ke Indonesia, maka alumnus asal Indonesia yang menempuh pendidikan Turki kelak dapat menjadi pengusaha, pendidik, pengembangan UMKM, professional muda dan lain sebagainya untuk turut membangun industri dalam negeri di berbagai sektor potensial.

Sebab, Azis meyakini kualitas mahasiswa Indonesia yang belajar di Turki sagat baik. “Saya lihat kualitas ilmu pendidikan dan network yang didapat selama para mahasiswa belajar di Turki sangat baik. Tinggal bagaimana ilmu tersebut bisa berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.” kata Azis dalam keterangannya, Kamis (5/11).

Azis mengungkap itu saat melakukan pertemuan dengan para mahasiswa Indonesia di Turki, saat sela-sela transit di Istanbul. Pertemuan dilaksanakan atas permintaan para mahasiswa untuk berdiskusi terkait perkembangan dinamika poltik Indonesia, hubungan Indonesia-Turki hingga perkembangan Covid-19.

“Ya, memenuhi keinginan para mahasiswa Indonesia di Turki untuk berdiskusi sekalian sambil transit. Sangat antusias berdiskusi tentang perkembangan dinamika politik, perkembangan hubungan Indonesia dan Turki hingga tantangan Covid-19,” ungkap Azis.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan bahwa para mahasiswa ini merupakan aset masa depan bangsa. Oleh karena itu Azis berharap para mahasiswa ini dengan pengalaman dan network yang luas, dapat menjadi calon-calon pengusaha yang andal di Indonesia maupun di Turki.

"Mahasiswa Indonesia kerap diharapkan kembali ke Tanah Air untuk turut serta dalam pembangunan bangsa, baik karakter bangsa, perekonomian serta manjadi tulang pungung bangsa menuju Indonesia maju,“ kata Azis.

Lebih jauh Azis mendesak supaya perdagangan antara Indonesia dan Turki perlu ditingkatkan. Sehingga neraca perdagangan Indonesia bisa surplus. Karena itu, mantan ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu mengajak Turki untuk meningkatkan investasi di Indonesia dengan prinsip-prinsip free trade area (FTA).

“Perdagangan perlu ditingkatkan antara Indonesia-Turkri, caranya tentu dengan mengajak pengusaha Turki untuk investasi di Indonesia sesuai peraturan yang ada dan prinsip-prinsip free trade area (FTA). Fokus pada penyelesaian Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Turki (IT CEPA) harus diprioritaskan," tutup Azis.

Azis Syamsuddin berharap hubungan Indonesia dan Turki bertambah erat. Kerja sama perdagangan dan investasi diharapkan meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close