Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Sebut Komunikasi BP Batam Cs soal Relokasi Warga Rempang Buruk, Terjadilah Konflik

Selasa, 12 September 2023 – 17:35 WIB
Jokowi Sebut Komunikasi BP Batam Cs soal Relokasi Warga Rempang Buruk, Terjadilah Konflik - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai BP Batam dan pihak terkait kurang menyosialisasikan program relokasi dan bantuan yang diberikan bagi warga Pulau Rempang. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai BP Batam dan pihak terkait kurang menyosialisasikan program relokasi dan bantuan yang diberikan bagi warga Pulau Rempang.

Menurut Jokowi, apabila sosialisasi dilakukan masif, maka konflik horizontal antara aparat dengan masyarakat bisa dihindari.

"Itu bentuk komunikasi yang kurang baik, kalau warga diajak bicara, diberikan solusi. Karena di sana sebenarnya sudah ada kesepatan bahwa warga akan diberi lahan 500 meter plus bangunan tipe 45," kata Jokowi di Kota Cilegon, Banten, Selasa (12/9).

Jokowi meyakini konflik di kawasan yang akan menjadi proyek strategis nasional Rempang Exo City itu terjadi karena buruknya komunikasi BP Batam Cs.

"Ini tidak dikomunikasikan dengan baik. Akhirnya menjadi masalah, menurut saya nanti mungkin besok atau lusa Menteri Bahlil Lahadalia akan ke sana untuk memberikan penjelasan mengenai itu," kata Jokowi.

Seperti diketahui, bentrokan terjadi antara petugas gabungan dari Polri, TNI, Ditpam Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan Satpol PP dengan warga di Pulau Rempang terjadi pada Kamis (7/9).

Bentrokan pecah saat aparat berusaha membujuk warga tidak anarkistis dalam proses pengukuran lahan di Kawasan Rempang yang akan dijadikan lokasi PSN.

Peristiwa bentrokan antara aparat gabungan dengan warga pun viral di media sosial, termasuk ada video warga yang merekam sejumlah siswa terkena gas air mata.

Menurut Jokowi, apabila sosialisasi dilakukan masif di Pulau Rempang, maka konflik horizontal antara aparat dengan masyarakat bisa dihindari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close