Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Ajak Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digital untuk Tingkatkan Ekonomi Nasional

Jumat, 14 Juli 2023 – 14:53 WIB
Bamsoet Ajak Manfaatkan Kemajuan Teknologi Digital untuk Tingkatkan Ekonomi Nasional - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat menyampaikan Orasi Ilmiah Seminar Akademik Universitas Terbuka Jambi secara virtual dari Jakarta, Jumat (14/7). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk meningkatkan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet dalam Orasi Ilmiah Seminar Akademik Universitas Terbuka Jambi secara virtual dari Jakarta, Jumat (14/7).

Dosen tetap pascasarjana Universitas Borobudur dan Universitas Terbuka itu mengingatkan bahwa dunia sudah semakin bergerak ke arah digitalisasi.

Interaksi manusia, perputaran ekonomi, hingga dunia pendidikan akan lebih banyak berada di ruang digital, seperti media sosial hingga metaverse.

"Di Indonesia, tahun lalu, Google Temasek, Bain and Company mencatat pertumbuhan ekonomi digital kita mencapai 22 persen dengan nilai ekonomi sebesar USD 77 miliar. Menyumbang 40 persen dari total transaksi digital ASEAN," kata Bamsoet.

Sebagai gambaran, kata Bamsoet, lembaga akuntan publik dan lembaga riset bisnis Price Waterhouse Cooper (PwC) melaporkan potensi ekonomi dari dunia metaverse pada 2019 mencapai USD 46,4 miliar.

Potensi tersebut berpeluang meningkat menjadi USD 476,4 miliar pada 2025, dan meningkat lagi menjadi USD 1,5 triliun pada 2030.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dinilai sangat menjanjikan. Pada tahun 2025 diproyeksikan mencapai USD 130 miliar," ungkapnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet meyakini kemajuan teknologi digital bisa meningkatkan ekonomi nasional jika dimanfaatkan secara maksimal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close