Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dukung Pembangunan Rumah Si Gale-Gale di Pulau Samosir

Minggu, 02 April 2023 – 15:23 WIB
Bamsoet Dukung Pembangunan Rumah Si Gale-Gale di Pulau Samosir - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menghadiri Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo Dohot Boru se-Jabodetabek 2023, di Bekasi, Minggu (2/4). Foto: MPR RI

jpnn.com, BEKASI - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung rencana pembangunan rumah Si Gale-Gale dan Tugu Raja Rumahorbo di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mendorong agar Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bisa 'memulangkan' Si Gale-Gale perempuan yang saat ini tersimpan di Museum Leiden, Belanda.

"Setelah dipulangkan kembali ke Indonesia, Si Gale-Gale perempuan akan bisa bersanding kembali dengan Si Gale-Gale pria yang saat ini disimpan di Museum Wayang, Jakarta," ungkap Bamsoet saat menghadiri Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo Dohot Boru se-Jabodetabek 2023, di Bekasi, Minggu (2/4).

Dia menambahkan, selain untuk melestarikan seni dan budaya masyarakat Batak, Rumah Si Gale-Gale juga dapat menjadi disetinasi objek wisata budaya yang memberikan multiplier effect economy bagi masyarakat sekitar.

Turut hadir antara lain, Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto, Ketua Umum Punguan Raja Rumahorbo Boruna se-Jabodetabek Kol. Parlin Rumahorbo, Ketua Panitia Pesta Bona Taon 2023 Punguan Raja Rumahorbo Dohot Boruna se-Jabodetabek Oster P. Rumahorbo, serta para tetua adat, penasehat, dan para tokoh adat masyarakat Batak.

Ketua DPR RI itu menjelaskan, dalam Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo Dohot Boru se-Jabodetabek 2023 tersebut menampilkan pertunjukan Si Gale-Gale pria yang dikendalikan langsung oleh generasi ketiga Raja Gayus Rumahorbo yang membuat Si Gale-Gale.

Menurut kisah turun temurun di keluarga Raja Rumahorbo, Si Gale-Gale dibuat sekitar tahun 1870-an.

Sekitar tahun 1937, Si Gale Gale perempuan dibawa oleh pemerintah kolonial ke Belanda. Sejak saat itu, Si Gale Gale pria 'kesepian'.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung rencana pembangunan rumah Si Gale-Gale dan Tugu Raja Rumahorbo di Pulau Samosir, Sumatera Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close