Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Bang Edi Minta Komnas HAM Jangan Cari Panggung

Jumat, 11 Juni 2021 – 21:48 WIB
Bang Edi Minta Komnas HAM Jangan Cari Panggung - JPNN.COM
Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta Komnas HAM tidak mencari panggung atas permasalahan yang terjadi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Edi menilai pemanggilan yang dilakukan Komnas HAM terhadap pimpinan KPK soal polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) tak sejalan dengan tugas dan wewenangnya.

"Kami meminta kepada Komnas HAM hadir melakukan mediasi agar KPK bisa menyelesaikan masalah internalnya sendiri. Jangan justru cari panggung", kata Edi ketika dihubungi, Jumat (11/6).

Menurut dia, langkah yang dilakukan Komnas HAM merupakan buntut dari aduan para calon aparatur sipil negara (ASN) yang tidak lulus TWK di KPK.

Namun pemanggilan pada lembaga yang menyelenggarakan penerimaan ASN merupakan langkah yang tidak tepat.

"Kami paham yang melakukan tes ini bukan KPK, tetapi ada asesor yang sudah dibentuk pemerintah termasuk dari BKN, Kemenpan RB dan KPK,” ujar Edi.

Sehingga, ketidaklolosan 51 pegawai KPK itu bukan keputusan pimpinan KPK.

Menurutnya, jika menemukan hal yang dinilai salah dalam tes TWK, calon ASN sebaiknya menggunakan prosedur yang benar yakni menggugatnya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).