Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bangun Energi Berkelanjutan di IKN, Pertamina Jalin Kolaborasi dengan Berbagai Pihak

Rabu, 05 Juni 2024 – 20:50 WIB
Bangun Energi Berkelanjutan di IKN, Pertamina Jalin Kolaborasi dengan Berbagai Pihak - JPNN.COM
Jaringan gas kota akan dikembangkan di Ibu Kota Nusantara sebagai salah satu energi bersih rendah karbon. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun energi berkelanjutan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berperan pimpin transisi energi, Pertamina berupaya mewujudkan ekosistem energi berkelanjutan (sustainability) di IKN sehingga dapat tercapai visi IKN sebagai kota terbaik dunia sekaligus berkontribusi pada pencapaian Net Zero Emission (NZE) Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan menghadapi tantangan iklim di masa depan, inovasi dalam energi berkelanjutan perlu ditingkatkan.

"Pertamina fokus untuk mengembangkan inovasi ini melalui berbagai cara, mulai dari mempersiapkan talenta penggerak sustainability hingga mendorong riset sumber energi alternatif yang tepat,” ujar Fadjar dalam keterangan resminya, Rabu (5/6).

Untuk mempercepat visi energi berkelanjutan ini, kata Fadjar, Pertamina membuka sinergi dengan berbagai pihak seperti lembaga negara, mitra bisnis asing maupun nasional, serta perguruan tinggi dan akademisi dari dalam dan luar negeri.

Fadjar mengatakan komitmen ikut serta membangun energi berkelanjutan di IKN sejalan dengan konsep IKN, yakni Smart City Forest.

Inisiasi atas komitmen ini, salah satunya ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center dengan Otorita IKN pada September 2023 lalu.

Pertamina juga menggandeng Bakrie Group untuk mengembangkan Nusantara Sustainability Hub, di mana kedua pihak juga membuka peluang kerja sama dengan universitas untuk memperkaya riset di sektor keberlanjutan, termasuk riset pemanfaatan teknologi hijau dan rendah emisi.

Pertamina menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun energi berkelanjutan di IKN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close