Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Indonesia: Indeks Keyakinan Konsumen Maret 2021 Capai 93,4

Jumat, 09 April 2021 – 13:06 WIB
Bank Indonesia: Indeks Keyakinan Konsumen Maret 2021 Capai 93,4 - JPNN.COM
Bank Indonesia menyatakan survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono menyatakan survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi.

“Indeks Keyakinan Konsumen Maret 2021 sebesar 93,4, meningkat dibandingkan dengan 85,8 dan 84,9 pada bulan Februari dan Januari 2021,”ujar melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (9/4),

Erwin menjelaskan, perbaikan keyakinan konsumen ke area optimis karena perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar.

Perbaikan keyakinan konsumen, lanjut dia, tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden serta pada seluruh kelompok pendidikan.

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak,” jelas Erwin.

Erwin menyebutkan, perbaikan keyakinan konsumen pada Maret, juga didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Hal itu, tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Maret yang tercatat sebesar 114,1 meningkat dibandingkan 106,5 pada bulan sebelumnya.

“Ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang,” ungkap dia.

Bank Indonesia menyatakan survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan berlanjutnya perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close