Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bantu Warga Bandung Barat Majukan Produk Lemon Kering, Ganjar Sejati Gelar Pelatihan

Selasa, 28 November 2023 – 11:03 WIB
Bantu Warga Bandung Barat Majukan Produk Lemon Kering, Ganjar Sejati Gelar Pelatihan - JPNN.COM
Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan mengolah produk lemon kering di Bandung Barat. Foto: supplied

jpnn.com - Sukarelawan Ganjar Sejati melakukan aksi konkret membantu warga Bandung Barat memajukan produk lemon kering dengan menggelar pelatihan.

Pelatihan itu diikuti puluhan petani dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (26/11).

Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Bandung Barat Poppy Siti Noeraeni menyebut pihaknya menggandeng Kelompok Tani Melati Jayagiri Lembang, Bandung Barat demi memajukan produk lemon kering hingga menembus pasar nasional.

"Kami yang bekerja sama dengan kelompok tani melati mempunyai mesin pengering. Jadi, silakan para petani lemon yang kesulitan menjual lemon agar bisa diolah untuk dikeringkan di sini," ucap Poppy, dikutip dari siaran pers, Selasa (28/11).

Dalam pelatihan itu, para pendukung Capres RI Ganjar Pranowo menyediakan mesin untuk dimasukkan lemon yang telah dipotong-potong.

Poppy mengatakan harga jual lemon kering tersebut sekitar Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per kilogram. Untuk mendapatkan bahan baku, mereka bekerja sama dengan petani setempat.

Para petani menyetorkan buah, misalnya 20 kg lemon bisa diolah menjadi 2 kg lemon kering.

"Hasilnya dibagi dua. Misalnya, kami mendapat Rp 400 ribu. Untuk petani Rp 200 ribu, untuk kami Rp 200 ribu dari hasil penjualan ke kafe-kafe," tuturnya.

Sukarelawannya Ganjar Pranowo, Ganjar Sejati menggelar pelatihan demi membantu warga Bandung Barat memajukan produk olahan lemon kering.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close