Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Kendala Membangun Pabrik Gula

Jumat, 04 Januari 2013 – 10:58 WIB
Banyak Kendala Membangun Pabrik Gula - JPNN.COM
JAKARTA- Deputi Bidang Industri Primer Kementerian BUMN, Zamkani, mengakui dalam membangun pabrik gula tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak kendala yang harus dilalui BUMN mulai dari dana hingga lokasi penempatan pabrik.

"Pertama supply bahan baku harus aman, kan enggak lucu kalau setelah kita bikin pabrik, ternyata masyarakat tidak mau menanam tebu kan tidak berguna juga pabriknya. Dulu zaman Belanda masyarakat bisa dipaksa nanam tebu, sekarang ya tidak bisa kayak gitu," ujar Zamkani di Kementerian BUMN, Jumat (4/1).

Kendala yang kedua adalah masalah kebijakan impor raw sugar. Impor raw sugar saat ini dilakukan oleh importir tertentu, sehingga pabrik gula tidak bisa bekerja efisien. Jika impor raw sugar diberikan kepada BUMN, maka penggilingan raw sugar (gula mentah) bisa langsung dilakukan ketika musim panen tiba.

"Memang mengolah raw sugar jadi kristal putih harus bersamaan dengan musim giling. Mengolah raw sugar sebenarnya hanya butuh seperempat bagian mesin, tapi kan mesin tidak bisa nyala seperempat. Jadi mesin harus nyala semua sehingga tidak efisien," jelasnya.

JAKARTA- Deputi Bidang Industri Primer Kementerian BUMN, Zamkani, mengakui dalam membangun pabrik gula tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA