Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyuwangi Layak Jadi Pintu Masuk Sustainability Investor dunia

Kamis, 19 Desember 2019 – 16:55 WIB
Banyuwangi Layak Jadi Pintu Masuk Sustainability Investor dunia - JPNN.COM
Presiden Direktur Centre For Banking Crisis (CBC) Achmad Deni Daruri. FOTO: Dok.pri

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri Bumi Global Karbon dan President Director Center for Banking Crisis, Achmad Deni Daruri mengaku hadir pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-248 Kabupaten Banyuwangi pada Rabu (18/12/2019).

Menurut Deni, Banyuwangi layak disebut sebagai pintu masuk bagi suistanability investor dunia. “Paling tidak ada dua syarat yang harus diraih suatu daerah untuk mendapatkan predikat sustainabilty investor dunia. Yakni, pencapaian Suitanable Development Goals (SDGs) maksimal dan rencana aksi penurunan emisi gas rumah kaca,” kata Deni.

Saat ini, kata dia, jumlah kabupaten sebesar 415 di Indonesia. Dan, Banyuwangi menjadi satu-satunya kabupaten yang pencapaian SDGs-nya maksimal. Angka-angka kuantitatif Badan Pusat Statistik (BPS) 2018, menunjukan tren maksimal.

Menurutnya, terdapat 17 item yang disyaratkan SDGs seperti tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan; kehidupan sehat dan sejahtera; pendidikan berkualitas; kesetaraan gender; air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau. Selain itu, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi dan infrastruktur; berkurangnya kesenjangan, kota dan komunitas berkelanjutan; konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; penanganan perubahan iklim ekosistem laut, ekosistem daratan; perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh; kemitraan untuk mencapai tujuan.

“Sebanyak 17 item tersebut berhasil dicapai maksimal dalam 10 tahun terakhir,” ujar Deni.

Sebagai contoh, angka kemiskinan dari 10 tahun lalu mencapai 20 persen.  Tahun 2018 tersisa hanya 7,52 persen.  Tetapi kalau angka kemiskinan tersebut kita keluarkan seperti orang lanjut usia tidak mampu bekerja, maka angka kemiskinan bisa di bawah 5 persen.

“Rantang kasih" salah  satu program daerah tersebut untuk memberi kebutuhan makan 4 sehat 5 sempurna kepada yang sudah lanjut usia tidak mampu bekerja menjadi empati yang luar biasa di antara masyarakat Banyuwangi.

Kesetaraan gender yang makin "equal". Baik sebagai subjek maupun objek pembangunan daerah tersebut, makin jelas diberikan peluang yang sama. Masih banyak lagi hal-hal lain dari 17 syarat SDGS yang telah dicapai secara maksimal.

Paling tidak ada dua syarat yang harus diraih suatu daerah untuk mendapatkan predikat sustainabilty investor dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close