Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bapak Beton Indonesia Diganjar Herman Johannes Award 2022 

Sabtu, 19 Februari 2022 – 23:30 WIB
Bapak Beton Indonesia Diganjar Herman Johannes Award 2022  - JPNN.COM
Putri bungsu Prof Roosseno, Damiyanti Roosseno (kedua kiri) menerima penghargaan Herman Johannes Award dari Ketua KATGAMA Agus Priyatno. Foto dokumentasi KATGAMA

jpnn.com - Ajang penghargaan Herman Johannes Award tahun 2022 kembali digelar. Ajang ini bertepatan dengan peringatan ke-76 Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada dan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) pada 17 Februari 2022. 

Herman Johannes Award merupakan penghargaan yang diberikan Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (KATGAMA) kepada para tokoh yang dianggap memiliki peran nyata dalam pengembangan IPTEK di Indonesia. 

Award ini diberi nama Herman Johannes, sosok pahlawan nasional yang telah banyak berjasa dalam kemajuan bangsa. Herman adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Rekonstruksi ke-7 tahun 1950-1951 dan Rektor UGM ke-2 pada periode 1961- 1966.

Tahun ini, tokoh yang mendapatkan penghargaan adalah Prof. Dr. Ir. Roosseno Soerjohadikoesoemo. Ketua KATGAMA Agus Priyatno mengatakan, penghargaan diberikan kepada Prof Roosseno atas jasa pengabdian, dedikasi dan karya pembangunan yang luar biasa kepada bangsa.

"Apa yang beliau lakukan semasa hidup sangat luar biasa. Semoga bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh rakyat," kata Agus Priyatno dalam siaran persnya, Sabtu (19/2).

Penghargaan diserahkan langsung oleh ketua KATGAMA kepada Damiyanti Roosseno, putri bungsu Prof Roosseno yang disaksikan pimpinan dan civitas academica FT UGM. Hadir juga perwakilan keluarga yaitu Cyril Noerhadi beserta Istri Nia Ayu Ismaniati (Dekan FKG UI), dan Juzuar Nazief. 

Mewakili keluarga, Cyril Noerhadi mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada KATGAMA atas penghargaan yang diberikan kepada Prof Roosseno. Cyril menyampaikan secara singkat pemikiran-pemikiran dari Prof Roosseno yang dikutip dari buku Roosseno: Jembatan dan Menjembatani yang diterbitkan pada 2008, tetapi masih relevan dalam konteks masa kini.

Selain Cyril, putri ke-5 Prof Roosseno, Amalia Roosseno berharap teladan dan pesan-pesan ayahnya yang terkandung dalam Mutiara Roosseno mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda saat ini.

Bapak beton Indonesia Prof Roosseno mendapatkan award Herman Johannes atas dedikasinya semasa hidupnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close