Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Batam Punya Waduk Baru pada Pertengahan 2018

Kamis, 23 Maret 2017 – 20:02 WIB
Batam Punya Waduk Baru pada Pertengahan 2018 - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Waduk Sei Gong di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (23/3). Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan

jpnn.com, BATAM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan waduk Sei Gong di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan rampung pada pertengahan 2018 mendatang. Jokowi mengatakan hal itu usai melihat langsung proses penggalian waduk Sei Gong di sela-sela kunjungan kerjanya di Provinsi Kepri, Kamis, (23/3).

Sei Gong merupakan satu dari 49 waduk yang masuk dalam program pembangunan 5 tahun masa pemerintahan Jokowi bersama bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. "Waduk Sei Gong seluas 355 hektare akan bisa menampung kurang lebih sebelas juta meter kubik air," ujar Jokowi.

Waduk Sei Gong dibangun pemerintah sebagai tempat penampungan air baku baik di Kecamatan Galang dan Rempan di di Kota Batam. Mengingat pentingnya fungsi Waduk Sei Gong, Jokowi pun berharap pembangunannya bisa selesai secepatnya.

"Kalau rencana itu pada akhir 2018 selesainya. Tapi tadi kami berbincang di sana bisa maju pertengahan tahun depan sudah selesai," ungkapnya.

Optimisme Jokowi bukannya tanpa dasar. Sebab, pembangunan Waduk Sei Gong memang relatif cepat.

Pembangunan waduk itu dimulai pada awal tahun lalu. Sedangkan realisasinya kini sudah 35 persen.

"Ini mulainya baru saja, mulainya baru 2016 awal jadi saya lihat cepat sekali dan pada hari ini progresnya sudah 35 persen," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Terkait ganti rugi lahan, Jokowi mengatakan bahwa waduk Sei Gong menempati tanah negara. Sedangkan negara hanya menyediakan ganti rugi bagi tanaman yang ditanam petani di atas lahan untuk waduk.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan waduk Sei Gong di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan rampung pada pertengahan 2018 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close