Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BATAN: Penurunan Paparan Radioaktif di Batan Indah Sudah 90 Persen

Selasa, 18 Februari 2020 – 15:47 WIB
BATAN: Penurunan Paparan Radioaktif di Batan Indah Sudah 90 Persen - JPNN.COM
Alat berat backhoe untuk mempercepat proses clean up areal yang terpapar zat radioaktif di Komplek Perumahan Batan Indah. Foto: batan.go.id

jpnn.com, TANGERANG - Hari ini, Selasa (18/2), dilaporkan jumlah drum yang berisi tanah dan vegetasi yang diindikasikan terkontaminasi akibat terpaparnya zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, sebanyak 172 drum. Kegiatan clean-up sudah masuk hari ke 6 dari 20 hari yang direncanakan.

Dalam keterangannya, Kepala Bagian Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara, mengatakan kegiatan clean-up sampai hari ini berjalan lancar, setelah 2 hari sebelumnya selalu dihentikan karena hujan turun.

"Alhamdulillah hari ini kegiatan clean-up berjalan dengan lancar. Ini juga karena adanya bantuan berupa alat keruk yang dipinjamkan oleh Pemkot Tangsel," ujar Heru, Selasa (18/2).

Dia menyampaikan kabar gembira hari ini, penurunan paparan di area terpapar zat radioaktif menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Kalau kemarin baru dapat penurunan sebesar 70 persen namun hingga siang ini (18/2) telah menunjukkan perubahan penurunan hingga 90 persen.

Dari penurunan yang signifikan ini diharapkan masyarakat menjadi lebih memahami bahwa upaya clean-up yang dilakukan BATAN berjalan lancar.

"Dari 20 hari kerja yang kami rencanakan, semoga sebelum 20 hari itu pelaksanaan clean-up sudah selesai hingga tidak perlu menunggu 20 hari," tambahnya.

Heru mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di perumahan Batan Indah tidak perlu khawatir dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Apalagi penurunan aktivitasnya diketahui sudah tinggal 10 persen.

Terkait dengan pengecekan Whole Body Counting terhadap 9 warga yang dilaksanakan pada (17/2), hasilnya dapat diketahui 2 sampai 3 hari ke depan.

Hari ini, Selasa (18/2), BATAN melaporkan jumlah drum yang berisi tanah dan vegetasi yang terkontaminasi akibat paparan zat radioaktif, di Perum Batan Indah, Tangerang, sebanyak 172 drum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close