Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dikabarkan Sakit Akibat Terkena Radiasi Kapal Selam, Begini Reaksi Kolonel Laut Iwa Kartiwa

Rabu, 05 Mei 2021 – 11:09 WIB
Dikabarkan Sakit Akibat Terkena Radiasi Kapal Selam, Begini Reaksi Kolonel Laut Iwa Kartiwa - JPNN.COM
Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa (kedua kiri) saat konferensi pers di Lobi Utama Rumah Sakit TNI AL dr. Mintohardjo, Bendungan Hilir Jakarta Pusat, Selasa (4/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa membantah pemberitaan tentang kondisinya yang beredar di media massa yang menyebut dirinya sakit akibat bertugas di kapal selam.

Kolonel Laut Iwa Kartika menyampaikan hal itu saat konferensi pers di Lobi Utama Rumah Sakit TNI AL dr. Mintohardjo, Bendungan Hilir Jakarta Pusat, Selasa (4/5).

Konferensi pers itu juga dihadiri oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAL Laksamana Muda Muhammad Ali, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, dan Karumkital dr. Mintohardjo Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta, dan dokter pribadi Kolonel Iwa yakni Mayor Laut (K) dr. I Made Budi Wirawan

Dalam penjelasan di depan awak media, Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa menyampaikan bahwa dengan seizin pimpinan TNI Angkatan Laut, klarifikasi yang pertama tentang kondisi yang terbaring sakit, tidak bisa bicara dan hanya bisa ditempat tidur.

Kolonel Iwa menegaskan itu tidak benar, walaupun dalam keadaan kesehatan seperti sekarang, mantan Dansatsel tahun 2017 ini masih bisa beraktivitas dan masih sanggup mengendarai kendaraan pribadi dari Tasikmalaya ke Jakarta dalam rangka melaksanakan pengobatan di Rumkital dr. Mintohardjo.

Berkaitan dengan isu sakitnya karena terkena radiasi serbuk besi kapal selam, Kolonel Iwa mengatakan selama berdinas di kapal selam sejak Letnan Dua sampai dengan Kolonel tidak pernah merasakan keluhan apapun.

“Saya ingin meyakinkan bahwa kondisi saat ini bukan karena akibat berdinas di kapal selam, dan tentunya saat menjabat Dansatsel masih berlayar di kapal selam dan tidak ada masalah,” ungkap alumni AAL Angkatan 37 tersebut seperti dilansir dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal).

Selain itu, berkaitan dengan menjual rumah, Kolonel Iwa menjelaskan memiliki dua rumah yakni rumah dinas di Surabaya dan rumah pribadi di Tasikmalaya. Sehingga, Kolonel Iwa merasa tidak pernah menjual apapun, karena TNI Angkatan Laut telah memberikan fasilitas kesehatan.

Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa merespons kabar terkait kondisi kesehatannya akibat terkena radiasi di kapal selam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close