Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Bersinergi dengan Kedutaan Kastam Malaysia untuk Tingkatkan Pengawasan

Jumat, 14 Juli 2023 – 19:25 WIB
Bea Cukai Bersinergi dengan Kedutaan Kastam Malaysia untuk Tingkatkan Pengawasan - JPNN.COM
Bea Cukai terus meningkatkan sinergi dan memperkuat pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai. Foto: Dok Bea Cukai

jpnn.com, SURABAYA - Bea Cukai terus meningkatkan sinergi dan memperkuat pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

Salah satu langkahnya direalisasikan lewat kunjungan kerja Atase Kedutaan Kastam Malaysia yang berlangsung pada 12 sampai dengan 13 Juli 2023.

Kunjungan dilakukan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) I, Bea Cukai Tanjung Perak, dan Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) kelas II Surabaya.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim II Untung Basuki menyatakan bahwa kunjungan itu merupakan implementasi dari nota kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Malaysia tentang kerja sama dan bantuan administrasi timbal balik di bidang kepabeanan.

“Kunjungan Atase Kedutaan Kastam Malaysia ini dalam rangka studi tiru penerapan laboratorium kepabeanan dan cukai yang berada di Indonesia agar bisa diterapkan juga di Malaysia,” imbuhnya.

Kunjungan kerja diawali dengan entry meeting ke Kanwil Bea Cukai Jatim I dan Bea Cukai Tanjung Perak untuk melihat langsung proses bisnis sistem informasi kepabeanan yang diterapkan di Indonesia, pada Rabu (12/07). Kunjungan dilanjutkan BLBC Surabaya untuk melihat proses bisnis pengujian laboratorium di BLBC, pada Kamis (13/07).

“BLBC kelas II Surabaya memiliki fungsi melakukan uji laboratoris atas komoditas barang yang dominan di wilayah timur Indonesia termasuk sebagian wilayah Pulau Jawa dan Kalimantan, komoditas tersebut antara lain CPO, aneka produk kimia, bahan kimia organik dan anorganik, plastik atau polimer, besi, dan baja,” ujar Untung.

Untung menyebut Bea Cukai akan memberikan layanan laboratoris untuk kebutuhan pemeriksaan barang di bidang kepabeanan dan cukai.

Bea Cukai terus meningkatkan sinergi dan memperkuat pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close