Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Cerutu Asal Yogyakarta Tembus Pasar Thailand dan Jepang

Senin, 15 Juli 2024 – 11:16 WIB
Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Cerutu Asal Yogyakarta Tembus Pasar Thailand dan Jepang - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai Yogyakarta melaksanakan pengawasan dan pelayanan kegiatan ekspor cerutu yang dilaksanakan oleh PT Taru Martani 1918 pada Senin (24/6). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, YOGYAKARTA - Bea Cukai Yogyakarta melaksanakan pengawasan dan pelayanan kegiatan ekspor cerutu yang dilaksanakan oleh PT Taru Martani 1918 pada Senin (24/6).

Perusahaan yang dimiliki Pemerintah Provinsi Yogyakarta tersebut mencatatkan nilai transaksi ekspor sebesar Rp 170 juta.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta Riri Riani menyampaikan produk yang diekspor, berupa 1.600 batang cerutu ke Phuket, Thailand, dan 4.050 pak cerutu ke Hyogo, Jepang.

“Pengiriman cerutu ke Phuket dilakukan melalui bandar udara Yogyakarta International Airport sedangkan pengiriman ke Jepang dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” kata Riri dalam keterangan resminya, Senin (15/7).

Riri mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 59/PMK.04/2017 tentang Tidak Dipungut Cukai, barang kena cukai (BKC) yang diekspor dapat menggunakan fasilitas tidak dipungut cukai.

Pengeluaran dan pengangkutan BKC dengan tujuan ekspor dari pabrik atau tempat penyimpanan ke kawasan pabean pada pelabuhan ekspor wajib menggunakan dokumen cukai, berupa pemberitahuan mutasi BKC (dokumen CK-5).

“Ekspor cerutu tanpa pita cukai memerlukan kelengkapan CK-5 sebagai dokumen pelindung pengangkutan hasil tembakau dari gudang menuju pelabuhan muat ekspor,” jelas Riri.

Bea Cukai Yogyakarta melaksanakan pengawasan atas kegiatan ekspor cerutu tersebut dengan turut membantu kelengkapan administrasi ekspor dan melakukan penyegelan pada setiap boks yang akan diekspor untuk menjamin bahwa BKC tersebut benar-benar untuk diekspor. (mrk/jpnn)

Bea Cukai Yogyakarta memfasilitasi ekspor cerutu asal Yogyakarta yang dilakukan PT Taru Martani 1918 ke Thailand dan Jepang

Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close