Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul VHD dalam Sistem CEISA 4.0

Selasa, 23 April 2024 – 19:37 WIB
Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul VHD dalam Sistem CEISA 4.0 - JPNN.COM
Bea Cukai melakukan uji coba (piloting) modul vehicle declaration (VHD) dalam sistem CEISA 4.0 pada 16 November 2023. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melakukan uji coba (piloting) modul vehicle declaration (VHD) dalam sistem CEISA 4.0 pada 16 November 2023.

Piloting itu dilakukan di tiga kantor pengawasan Bea Cukai, yaitu lain Bea Cukai Entikong yang melayani Pos Pengawasan Lintas Batas (PPLB) Entikong, Bea Cukai Nanga Badau yang melayani PPLB Nanga Badau, dan Bea Cukai Sintete yang melayani PPLB Aruk.

Selain ketiga kantor ini, piloting selanjutnya akan dilaksanakan oleh Bea Cukai Atambua yang melayani PPLB Motaain, Motamasin, Wini, dan Napan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan VHD adalah pemberitahuan pabean yang digunakan saat impor sementara dan sekaligus digunakan saat diekspor kembali dan impor kembali.

Selain itu, VHD juga digunakan sebagai jaminan tertulis atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) yang tertuang atas kendaraan bermotor melalui pos pengawasan lintas batas.

“Modul VHD merupakan sistem komputer pelayanan (SKP) yang digunakan dalam rangka pelayanan dan pengawasan terhadap mekanisme impor sementara dan ekspor sementara kendaraan bermotor melalui pos pengawasan lintas batas,” ujar Encep.

Dia menjelaskan, sebelum ada modul VHD, pelayanan dan pengawasan Bea Cukai dilakukan secara manual dengan menggunakan dokumen fisik.

Dokumen itu digunakan sebagai dokumen perjalanan serta bukti melakukan impor dan ekspor sementara kendaraan bermotor.

Bea Cukai melakukan uji coba (piloting) modul vehicle declaration (VHD) dalam sistem CEISA 4.0 pada 16 November 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close