Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Siap Mendorong UMKM Ekspor Lewat Sinergi Lintas Lembaga

Jumat, 27 September 2024 – 18:54 WIB
Bea Cukai Siap Mendorong UMKM Ekspor Lewat Sinergi Lintas Lembaga - JPNN.COM
Bea Cukai Magelang mengadakan audiensi potensi ekspor bersama Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Magelang pada Rabu (25/9). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MAGELANG - Bea Cukai melalui unit-unit vertikalnya terus melakukan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tujuan pemberdayaan UMKM adalah untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM terhadap perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Dalam mendukung pemberdayaan UMKM, Bea Cukai Bekasi mengunjungi Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat pada Selasa (17/09).

Kunjungan ini bertujuan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat terkait implementasi inisiatif strategis Kementerian Keuangan dan sinergi optimalisasi program pemberdayaan UMKM, khususnya di wilayah kerja Bea Cukai Bekasi.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Barat Reni Titalay menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Bea Cukai Bekasi.

Dia menjelaskan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat memiliki framework dalam pengembangan UMKM, antara lain melalui korporatisasi sinergi kebijakan pusat dan daerah, kapasitas sektor prioritas; dan pembiayaan model bisnis yang terintegrasi melalui pasar domestik dan pasar global.

Dalam pertemuan tersebut, Reni mengungkapkan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat akan memberikan pelatihan kepada UMKM di wilayah kerja Bea Cukai Bekasi, serta menyeleksi UMKM yang lolos kualifikasi untuk diberikan bantuan dan didorong ekspornya.

Kegiatan dengan tujuan yang sama juga dilakukan Bea Cukai Magelang dengan mengadakan audiensi potensi ekspor bersama Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Magelang pada Rabu (25/9).

Bea Cukai terus melakukan pemberdayaan UMKM dengan menjalin sinergi lintas daerah seperti yang dilakukan unit-unit vertikalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA