Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Siap Sukseskan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021

Selasa, 14 September 2021 – 20:02 WIB
Bea Cukai Siap Sukseskan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 - JPNN.COM
Bea Cukai bersama BNN, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Ditjen Perhubungan Laut, dan Polri menandatangani perjanjian kerjasama pada upacara pembukaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 di Dermaga Bintang 99, Batam, Selasa (14/9). Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, BATAM - Bea Cukai bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Ditjen Perhubungan Laut, dan Polri menandatangani perjanjian kerjasama pada upacara pembukaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 di Dermaga Bintang 99, Batam, Selasa (14/9).

Perjanjian kerjasama merupakan pedoman dan payung hukum dalam menjalin sinergi dan kolaborasi pada pelaksanaan Operasi Laut Interdiksi Terpadu yang akan dilaksanakan pada September dan Oktober 2021.

Melalui perjanjian kerjasama ini dapat mewujudkan kegiatan operasi yang berdaya guna, lebih efektif dan efisien, sekaligus mengefektifkan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana di ranah narkotika dan prekusor narkotika maupun pengawasan lalu lintas orang dan barang ke dan dari Indonesia.

Perjanjian kerja sama berlaku untuk jangka waktu 3 tahun sejak ditandatangani yang memuat ruang lingkup tentang pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi, pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu, pemanfaatan sarana dan prasarana.

Selain itu, perjanjian kerjasama tersebut juga mencakup kegiatan lain yang disepakati dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika yang dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.

Para pihak juga memiliki tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di masing-masing bidang.

Pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu mencakup operasi rutin, operasi khusus, dan operasi tertentu.

Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 menggunakan sandi operasi PURNAMA ”Gempur Narkotika Bersama” Menuju Indonesia Bersinar dengan konsep unity of effort yang mengedepankan sinergi dan kolaborasi dengan BNN sebagai leading sector, khususnya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Bea Cukai bersama 4 instansi lain menandatangani perjanjian kerjasama Operasi Laut Interdiksi Terpadu 2021 di Dermaga Bintang 99, Batam, Selasa (14/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close