Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Soekarno Hatta Gagalkan Penyelundupan 16 Ekor Kadal

Selasa, 10 Desember 2019 – 18:39 WIB
Bea Cukai Soekarno Hatta Gagalkan Penyelundupan 16 Ekor Kadal - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai Soekarno Hatta berhasil menggagalkan penyelundupan 16 ekor kadal di Terminal 3 Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (12/11). Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, CENGKARENG - Petugas Bea Cukai Soekarno Hatta menahan seorang warga negara asing (WNA) berinisial TM yang diduga menyelundupkan 16 ekor kadal di Terminal 3 Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (12/11).

Kadal yang termasuk dalam spesies Tiliqua Gigas tersebut disembunyikan di dalam dua kotak plastik yang akan dibawa TM ke Jepang dengan menggunakan pesawat Thai Airways TG-436 rute Jakarta-Bangkok-Osaka.

“Kecurigaan petugas diawali dengan melihat barang bawaan penumpang tersebut melalui mesin X-ray, tampak seperti ada yang bergerak di dalamnya, dan setelah dilakukan pemeriksaan, petugas mendapati di dalamnya terdapat 16 ekor kadal hidup,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan.

Penumpang tersebut kemudian diamankan beserta barang bawaannya, dan diperiksa di Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, bekerja sama dengan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno Hatta selaku instansi yang menangani hal terkait.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Karantina Hewan BBKP Bandara Soekarno-Hatta Wirokartiko Satyawardana, kadal yang dibawa penumpang tersebut termasuk dalam apendiks 1, daftar spesies tumbuhan dan satwa liar yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional.

Tindak lanjut atas pemeriksaan yang telah dilakukan, 16 ekor kadal tersebut akan disita dan ditempatkan di instalasi karantina hewan. Sedangkan untuk penumpang TM, akan diberi penjelasan mengenai aturan membawa satwa dari Indonesia, dan kemudian diserahkan ke penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) BBKP Bandara Soekarno Hatta.(adv/jpnn)

Kadal yang termasuk dalam spesies Tiliqua Gigas tersebut disembunyikan di dalam dua kotak plastik yang akan dibawa TM ke Jepang dengan menggunakan pesawat Thai Airways TG-436 rute Jakarta-Bangkok-Osaka.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close