Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Soekarno-Hatta Ungkap Penyelundupan Narkotika dari 3 Negara, Sebegini Barbuknya

Jumat, 23 Agustus 2024 – 20:27 WIB
Bea Cukai Soekarno-Hatta Ungkap Penyelundupan Narkotika dari 3 Negara, Sebegini Barbuknya - JPNN.COM
Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo menggelar konferensi pers terkait tiga upaya penyelundupan narkotika dengan berbagai modus yang diungkap instansinya bersama Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Soekarno-Hatta bersama Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai dan Polresta Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan tiga upaya penyelundupan narkotika dengan berbagai modus.

Dalam penindakan tersebut, Bea Cukai mengamankan tiga tersangka beserta barang bukti, berupa ± 287,29 gram methamphetamine, ± 133,44 gram kokain, ± 1.623 butir ekstasi, dan ± 3,82 gram kristal MDMA.

“Tiga upaya penyelundupan ini melalui berbagai modus, mulai dari kotak dikemas seperti kado hingga kemasan suplemen,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Gatot Sugeng Wibowo dalam keterangannya, Jumat (23/8).

Terkait kasus pertama, Gatot menjelaskan pihaknya melakukan penindakan terhadap paket kiriman dari Johannesburg, Afrika Selatan oleh YK, yang tiba di kargo internasional Bandara Soekarno-Hatta pada 23 Juli 2024.
Paket tersebut ditujukan kepada seorang penerima berinisial MJ dengan tujuan akhir Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan kecurigaan petugas, segera dilakukan pemeriksaan terhadap paket yang dikemas, seperti bingkisan kado, dan menemukan kristal bening dengan berat netto 103,39 gram.

“Kami menindaklanjutinya dengan penelusuran ke Kabupaten Bekasi dan mengamankan seorang pria berinisial MNH (39) yang mengaku diperintah oleh MJ untuk menerima barang. Kini MJ tidak dapat dihubungi dan saat ini masih dalam proses pencarian,” bebernya.

Penindakan kedua dilakukan Bea Cukai terhadap penumpang WNA Thailand berinisial KW (26) yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (/18) pada pukul 21.55 WIB.

Pemeriksaan dilakukan atas kecurigaan petugas atas bawaan penumpang tersebut.

Bea Cukai Soekarno-Hatta mengungkap penyelundupan narkotika dari 3 negara melalui berbagai modus, sebegini barbuknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA