Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai

Kamis, 22 April 2021 – 05:55 WIB
Bea Cukai Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai - JPNN.COM
Bea Cukai di berbagai daerah menggelar sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai di berbagai daerah menggelar sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

Sosialisasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal.

Pita cukai desain tahun 2021 mengusung tema biota laut,” kata Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana.

Secara kasat mata, kata Hatta, dapat terlihat bentuk tanaman dan hewan di bawah laut seperti anemon laut, ikan, dan gelembung-gelembung sebagai visual pendukung dalam desain.

“Serta dilengkapi dengan beberapa fitur seperti serat kasat mata berwarna cokelat dan jingga pada pita cukai yang dapat memperkuat keaslian pita cukai,” ungkapnya.

Dari data jumlah hasil identifikasi sampel pita cukai tahun 2020 oleh Perum Peruri, pita cukai palsu yang beredar di pasar masih ada sebanyak 22 persen, pita cukai bekas sebanyak 39 persen dari total sebanyak 1 juta sampel.

Menurut Hatta, penerimaan cukai berperan aktif dalam menjaga ekonomi agar tidak merosot, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Identifikasi pita cukai juga dipermudah dengan aplikasi dari Perum Peruri, sehingga Bea Cukai bisa makin baik dalam mengawasi dan meminimalkan peredaran BKC dengan pita cukai illegal,” kata Hatta.

Guna meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal, Bea Cukai menggelar sosialisasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close