Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beda dengan Rokok, Permen Karet Nikotin Dianggap Tidak Beracun di Malaysia

Jumat, 07 Oktober 2022 – 23:03 WIB
Beda dengan Rokok, Permen Karet Nikotin Dianggap Tidak Beracun di Malaysia - JPNN.COM
Pemerintah Malaysia memasukkan pengganti nikotin berupa patch atau permen karet sebagai produk “tidak beracun” untuk membantu perokok berhenti merokok. Foto: JOE RAEDLE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP

jpnn.com - Pemerintah Malaysia memasukkan pengganti nikotin berupa patch atau permen karet sebagai produk “tidak beracun” untuk membantu perokok berhenti merokok.

Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin dalam keterangannya di Kuala Lumpur, Jumat, mengatakan kementeriannya mengambil langkah proaktif dengan memasukkan produk pengganti nikotin menjadi “tidak beracun”.

Kebijakan itu dilakukan dengan mengecualikan produk permen karet pengganti rokok dari pemberlakuan Undang-Undang Racun 1952 asalkan produk tersebut terdaftar menurut Peraturan Pengawasan Obat dan Kosmetik 1984.

Menurut dia, ketergantungan pada nikotin dalam permen karet diketahui memiliki efek yang kurang berbahaya daripada ketergantungan pada nikotin dalam rokok.

Pengecualian itu mulai berlaku pada 6 Oktober 2022 sesuai pengesahan Perintah Racun (Amandemen Daftar Racun) 2022 (P.U.(A) 309/2022) pada 5 Oktober 2022, katanya.

Dia mengatakan akses masyarakat untuk memperoleh produk tersebut kini lebih mudah dan lebih luas melalui pembelian bebas.

Praktik seperti itu juga diterapkan di negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia, kata Khairy.

Pengecualian itu juga diharapkan dapat membantu perokok yang ingin berhenti merokok.

Otoritas Malaysia ketergantungan pada nikotin dalam permen karet memiliki efek yang tidak seberbahaya nikotin pada rokok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close