Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Menghindari Mata Merah karena Infeksi

Jumat, 12 Februari 2021 – 19:27 WIB
Begini Cara Menghindari Mata Merah karena Infeksi - JPNN.COM
Ilustrasi mata sehat. Foto: Instagram

jpnn.com - DOKTER Nur Alim Basyir Hutasuhut, Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan (RS Mata Undaan) mengatakan sakit mata merah bisa disebabkan berbagai alasan.

Namun yang sering dijumpai adalah karena infeksi pada konjungtiva (selaput terluar bola mata) atau infeksi pada kornea mata.

Untuk mencegah mata merah karena infeksi atau peradangan, Dokter divisi infeksi dan imunologi RS Mata Undaan ini menganjurkan untuk menghindari bahan-bahan yang menyebabkan iritasi.

"Mata kita kan organ sensitif, jadi harus menghindari bahan-bahan yang menyebabkan iritasi, seperti debu, asap dan lainnya," ujar dokter Nur Alim.

Selain itu, untuk mecegah iritasi mata, dokter Nur Alim menyarankan, agar menggunakan pelindung mata, kaca mata, saat berada di ruang terbuka.

"Kalau naik motor itu kan juga rentan debu. Selalu pakai helm dan jangan lupa tutup kacanya. Agar terhindar dari debu-debu halus yang bisa masuk mata," sarannya.

Dia menambahkan, saat sudah mengalami mata merah karena infeksi, usahakan jangan sampai dikucek, karena hal tersebut bisa menularkan pada orang lain.

Selain itu, tangan yang tidak bersih saat mengucek mata akan semakin memperparah mata merah yang disebabkan karena infeksi.

Sakit mata merah bisa disebabkan berbagai alasan karena itu harus diwaspadai dan dicegah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close